MARAH PORPOSIONAL

Didalam bekerja sama dengan team, marah adalah hal yang memang sangat manusiawi. Apalagi ketika kita dilanda kecapean karena memang kerja sudah lewat waktu. Pada situasi ini, biasanya sering terjadi saat gue mengerjakan event. 

Cuma ada satu yang perlu dijaga kalau menurut gue, marah itu harus tetap porposional. Apa sih marah porposional ? dimana marah yang memang kita tetap fokuskan kepada masalahnya, jangan orangnya. Kalau kita marah untuk menyelesaikan masalah, maka kita tidak akan melihat amarah kepada orangnya. 

Banyak orang yang tidak bisa membedakan, maka biasanya itu akan berkelanjutan karena memang akhirnya menjadi perselisihan pribadi. Ketika kita bekerja dengan banyak orang, maka kita akan ber-irisan dengan orang lain juga. Beberapa pekerjaan kita akan bersinggungan dengan orang lain atau pihak lain. 

Mengatur emosi saat bekerja dengan banyak orang merupakan satu skill sendiri kalau menurut gue, Apalagi kalau orang itu memiliki jabatan yang tinggi di antara team lainnya. Kalau tidak kuat, sudah pasti semua bawahannya akan dimarahinya, karena memang dia memiliki power itu. Nah, kebetulan sekali gue salah satu orang yang tidak suka dengan gaya kepemimpinan yang memang tukang perintah, untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tapi gue selalu bilang sama team gue, orang kayak gini pasti ada. 

Utamakan menyelesaikan masalah, hindari marah, hindari emosi, teriak-teriak, perintah dengan suara keras, hanya demi ingin menunjukkan bahwa Andalah pemimpinnya disana. Kalau pekerjaan ingin cepat selesai, lakukan kerjasama. Kerjasama yang baik adalah kerja dengan cara bersama-sama. Kalau memang Anda pemimpin, maka pimpin lah mereka dengan cara kordinasi yang kuat, bukan suara yang kuat. Kalau kordinasinya kuat, maka gak perlu Anda perintah, maka orang yang dibawah Anda sudah mengerti apa yang harus mereka kerjakan. 

Tapi sekali lagi, kalau memang terbawa keadaan, langsunglah porposional, jangan hobi menyalahkan walaupun Anda memiliki wewenang tersebut. Membuat suasana bekerja fun jauh lebih menyenangkan dibandingkan dibuat suasana mencekam karena memang semua orang takut kepada Anda. 

Cuma ini menurut gue loh, setiap orang pasti berbeda-beda. Kalau menurt lo gimana ?


Salam kreatif, 

#ariefabian | Fabian Project.




Comments