MEMBUAT PERENCANAAN UNTUK DRESS UP MALL ACARA RAMADHAN

Ramadhan tahun lalu, gue diminta untuk mendress up sebuah mall untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Dan buat gue ini gak masalah sih, karena memang secara kerjanya memang hampir-hampir sama saja. 

Yang pertama kali gue lakukan adalah survei mallnya dulu. Itu sangat penting untuk kita bisa mengira-ngira mana saja yang diinginkan oleh pihak mall untuk di dress up. Lalu gue ditunjukkanlah bagian mana saja yang ingin di dress up. 

Lalu untuk part yang kedua, maka gue akan melihat tematiknya yaitu Ramadhan, maka gue akan buat warna hijau seramai mungkin. Menimbulkan ambience ramadhan pokoknya. Nah setelah itu mulailah gue buat designnya. 

Nah barulah gue ilustrasikan design yang gue buat dengan area yang akan didress up, sebagai contoh gambar dibawah : 

 

Dress Up Mall

Gambar diatas gue foto, lalu gue coba tempelin design yang gue buat : 

Dress Up Mall

Nah bisa kelihatan kan, dengan begini maka si pihak Mall akan sangat mudah melihat kurang lebihnya mall mereka akan seperti itu. 

 

Design Dress up Mall

Kurang lebih design yang gue buat seperti diatas.

Hal yang penting banget harus diperhatikan adalah, kita harus mengetahui ukuran area yang akan kita tempelkan design kita. Karena ukuran pada design yang akan kita buat, harus sama dengan ukuran sebenarnya. Dengan begitu, ketika design kita tempel ke foto yang kita ambil, maka dimensi dari gambar design kita dengan foto harusnya tidak akan berbeda alias sama. 

Lalu masuk kebagian yang kedua : 

Dress Up Mall

Nah gambar diatas gue foto juga, dimana gambar aslinya : 

Dress Up Mall

Nah terlihat kan, dimana memang gambar yang gue masukkan kedalam foto akan sama dengan gambar yang ada di sebelumnya. Itu memang gue ngukur dulu baru membuat designnya. Makanya kalau gue bilang ada baiknya kita mengukur terlebih dahulu sebelum kita membuat sebuah designnya.

Design Dress Up Mall

Lalu materi selanjutnya : 

Dress Up Mall

Foto Sebelumnya : 

Dress Up Mall

Dan Designnya sendiri adalah : 


Yang pertama adalah untuk header di Welcome Gate atau diatas pintu, design yang kedua adalah design yang gue buat untuk Backdrop didepan pintu. Lalu yang ketiga adalah Hanging Banner yang gue akan letakkan diatas silling dari mall tersebut.

Pada saat membuat design, kita juga sudah memikirkan, akan menggunakan material apa jika memang ini nanti akan di eksekusi atau di produksi. Karena memang kita harus fikirkan juga design yang akan kita buat, untuk pecahan designnya nanti seperti apa. 

Seperti pada hanging banner, kita harus memikirkan jika kita print menggunakan Fleksi maka fleksi itu haruslah yang ringan. Atau kita bisa gunakan print silk atau print dengan menggunakan bahan. Agar pada saat kita produksi kawatnya tidak terlalu berat. 

Hal-hal seperti itu juga gue mampu untuk mengestimasikannya. Karena memang sudah banyak banget bermain didunia produksi untuk pameran yang pada prinsipnya hampir sama saja. Cuma memang yang membedakan adalah, kalau kita buat dress up mall tentu saja materialnya lebih banyak dibandingkan dengan pameran. 

Nah kurang lebih, kali ini gue mau share ini dulu aja. Buat lo yang masih terus baca blog gue, terima kasih, mudah-mudahan tulisan gue bisa bermanfaat buat lo.


Salam Kreatif, 

#ariefabian

Comments