MENYIAPKAN ACARA LIVE STREAMING HUT GERAI LENGKONG KEDUA.

Gue diminta untuk gawangin event HUT Gerai lengkong kedua milik Istri dari Walikota Tangsel yaitu Ibu Hj. Lista Hurustiati. Dimana gue masuk udah ditengah persiapan mereka. Jadi mereka sudah ada perencanaan dan gue diminta merapihkan. 

Nah pada saat itu Ibu Istri Walikota, Ibu Hj. Lista Hurustiati meminta kita merapihkan semua rangkaian sampai ini manjadi event yang utuh. Oke, berarti gue butuh Show Director yang saat itu gue tunjuklah bagong menjadi Show Directornya. Gue Brakdown dulu semuanya, apa saja yang mereka sudah buat dan rencanakan, barulah gue susun satu persatu. 

Foto bareng bersama Ibu Hj. Lista Hurustiati, Tangerang Selatan

Nah, gue langsung coba survei lokasinya. Lokasi yang digunakan adalah Hotel Swissbell intermark BSD.

Bersama Ibu Hj. Lista Hurustiati, Tangerang Selatan

Nah, gue coba melihat tempatnya sambil terus bertanya tentang semua kegiatan yang akan berlangsung untuk eventnya. Jadi Ulang Tahun Gerai lengkong yang kedua ini akan mengusung tagline "Dengan semangat kebersamaan kita tingkatkan kualitas diri untuk mencapai produk yang berkualitas". 

Jadi gue rapihkan susunannya dan menuliskannya menjadi rundown. Susunan acara gue buat di Rundown adalah tetap membawa kesenian budaya lokal, dan membuatkan film tentang umkm-umkm yang terlibat dengan Gerai Lengkong ini sendiri. Sedikit informasi saja, bahwa Gerai Lengkong ini adalah sebuah wadah yang dimiliki oleh Ibu Istri Walikota untuk menampung semua UMKM-UMKM yag ada di Kota Tangsel. Dimana gue bisa melihat banyak tentang UMKM Tangsel yang ternyata keren-keren karena memang mengerjakan Event dari Gerai Lengkong ini. 

Singkat waktu Rundown sudah gue beresin, barulah gue lihat persiapan dari masing-masih mata acara. Mulai dari MC, Materi Visual, Talent yang akan tampil,. sampai dengan mengkordinasi kesiapan tempat dan peralatan apa saja yang sudah dimiliki oleh Swisbell. 

Swisbell Hotel Tangerang Selatan.

Swisbell hotel menyediakan, Stage Portable ukuran 8x12 meter, Sound sudah lengkap, Screen Projectornya sudah ada juga disana, hanya saja Screen projectornya tidak bisa menggantung diatas, jadi rencananya screen projectornya tembak depan dan akan diletakkan didepan panggung. Audio juga untuk 5000 watt nya mereka sudah menyiapkan. Untuk ukuran acara akustikan saja rencananya sih menurut gue audio 5000 watt sudah cukup. Dan satu hal lagi, kursi sudah siap untuk para peserta. Rencana undangan yang akan diundang oleh ibu Hj. Lista Hurustiati sekitar 150 orang, dan gue prediksi yang datang akan 300 an lebih orang. 

Oke, gue berbagi tugas dengan kawan gue. Gue akan jaga semua kebutuhan visual dan Djokeynya, dan temen gue bagong akan menjaga tentang flow acaranya. Karena memang Bagong tidak bisa membuat materi visual, maka gue serahkanlah Show Directornya kedia. 

Setelah selesai semuanya, rundown sudah dirapihkan, materi visual udah mulai gue siapkan, maka agenda selanjutnya adalah gladi resik. Gladiresik dilakukan di Hotel Swisbell lagi untuk H-2. Gladi resik ini gue menekankan pada timing antara susunan acara, transisinya, musik sampai dengan visualnya. 

Visual yang gue siapkan adalah : 




Materi Motion Graphic untuk kebutuhan Looping Visual penting disini. Gue gak pengen kalau event bareng sama gue panggung kosong visualnya. Karena memang gue konsen banget di Grafisnya kalau memang event yang gue buat, visual harus ke-isi terus. 

Bismillah semua persiapan sudah oke, gladi resik udah aman, sekarang tinggal menunggu hari H nya tiba. Gue mulai merapihkan kembali visual gue. Cek antara rundown dengan visual yang gue kerjakan sama terus mensinkronisasi semua mata acaranya. 

 


Nah acara fullnya gue dokumentasikan di Youtube Channel orang bu Lista. Lalu gue download materinya gue letakkan di Youtube Channel Inesia sebagai dokumentasi Live Streaming yang memang gue pernah kerjakan. 


Untuk kegiatan Live Streaming gue menggunakan Kamera Dokumentasi Sonny, ditambah lagi gue siapkan kamera juga untuk dokumentasi Acara yang kebetulan Sonny A7 mark II. 

Dan bisa dilihatkan, visual diatas panggung muter terus, jangan kasih kosong dan maternya berganti-ganti tidak statis. Yes itulah gue kalau mengerjakan event. Harus detail dengan mata acaranya, lalu tinggal kita buatkan visualnya. 


Ini film lengkapnya yang diputar di saat pembukaan acara sebelum Ibu Hj. Lista Hurustiati akan naik keatas panggung. Jadi sebelum acara gue udah membuatkan sebuah film pendek untuk diputar sebelum ibu naik keatas panggung. 

Film itu gue bekerja sama dengan beberapa UMKM di tangsel yang memang menjadi member dari Gerai Lengkong untuk gue ambil sesuai dengan kebutuhannya. Nah, seiring dengan itu, nanti akan gue posting terpisah bagaimana gue bersama dengan UMKM tangsel yang memang udah pada keren banget, niat banget, mereka membuat rumah produksi untuk produknya agar bisa bersaing. Keren deh pokoknya.Termasuk gerai lengkongnya sendiri yang menurut gue juga gak kalah keren. Mereka menampung UMKM-UMKM Tangsel untuk di fasilitasi dan dikerjasamakan dengan beberapa pihak yang memang bisa mendukung produk UMKM Tangsel dikenal di Indonesia bahkan dunia. 

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar sesuai dengan yang lo liat aja di Live streamingnya. Dimana semua bisa dibilang sudah sesuai dengan rencana dan rundown. Dan Bapak Walikota Tangerang Selatan Bapak Benyamin Davnie pun ikut datang ke acara ini. Dan Bapak pun sempat stand up komedian bersama dengan jajaran yang lainnya. 

Acara alhamdulillah Khidmat dan meriah, apa yang ingin disampaikan dapat tercapai, dan kita memang semua happy. Buat gue sih, dalam menjalankan acara seperti ini, melihat klien dalam hal ini adalah ibu Hj. Lista Hurustiati bisa Happy sepanjang acara, DONE sudah berarti tugas gue. 

Dan ini perencanaan Design yang gue buat untuk acara tersebut. 



Dari design yang gue buat finalnya gue diperbolehkan memasukkan logo inesia, maka gue letakkanlah logo inesia didalam materi promosinya di Event. Dan gue mengajak juga Quavit untuk masuk sebagai sponsor diacara ini. Gue libatkan Quavit karena memang produk Quavit memiliki kepentingan untuk masuk di Tangerang Selatan. 

Jadi seperti itulah akhirnya dari acara HUT Gerai Lengkong yang kedua ini. Dimana gue senang banget dan sangat berkesan bekerja bersama dengan Hj. Lista Hurustiati dimana memang kebetulan gue tinggal di Tangerang Selatan Juga. 


Salam Kreatif, 

#ariefabian

Comments