MENGIRIM PESAN BRODCAST WA UNTUK 50.000 NOMER, BESERTA TARIFNYA

Data saat ini bisa dibilang kunci untuk siapapun yang berusaha hari ini. Dimana kita bisa mengetahui data klien kita dengan cara membuat database sendiri.

Setelah kita kumpulkan menjadi database, maka kita harus juga me-maintanance klien-klien kita. Dengan cara mengirimkan ucapan, promo-promo, sehingga itu dapat mendekatkan kita kepada klien kita.  Nah pertanyaaanya, kalau datanya udah sampai 50.000 terus gimana cara maintanancenya, yuk kita bahas.

Yup, satu-satunya langkah yang kita punya adalah dengan cara broadcast pesan. Lalu pertanyaannya, apakah kalau kita melakukan brodcast pesan ini melalui whats app itu gratis ?  Eit’s tunggu dulu nih, kita akan jabarkan jawabannya pren.  

Nih Kita jawab sekarang :

Whats app memberikan kita jatah mengirim broadcast gratis kepada kita hanya untuk 1.000 orang, pren. Lalu selebihnya jika kita ingin mengirim lebih dari 1.000 kita akan dikenakan tarif oleh Meta.

Besaran tarifnya adalah 512,- /pesan.
Kalau kamu mau mengirim ke 50.000 orang maka biaya yang ditimbulkan adalah : 49.000 x 512,- = 25.088.000,- 


Nah, kebayangkan, biaya maintanance klien. Jadi kalau memang kita berniat untuk membrodcast pelanggan kita maka kita harus mengeluarkan 25 juta tersebut untuk menyapa semua pelanggan-pelanggan kita. 

Ada gak sih yang lebih murah ? Jawabannya ada. Kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan sudah banyak di Indonesia. Gue bersama Fabian Project biasanya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi kalau memang Anda berniat menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka ada baiknya ditanyakan dengan benar tentang semua resikonya. Terkadang ada yang membuat nomer kita menjadi ke Banned oleh Meta dikarenakan kita disangka oleh Meta mengirimkan Spam. 

Nah kalau yang gratisan ada gak ? Jawabannya tidak ada. 

 

Selamat memaintanance klien Anda sobat. 



Salam Kreatif,
#ariefabian

Comments