Aplikasi Android untuk Nyamuk Demam Berdarah & Malaria, Kemenkes

By August 04, 2016 , ,


Sebuah Aplikasi yang gue buat untuk sosialisasi penanganan Demam Berdarah dan Malaria ini memang untuk Kemenkes.

Tapi yang meminta langsung yang bukan Kemenkes tentunya, bagaimana mungkin Kemenkes minta langsung sama gue, melainkan ini dari seorang kawan yang mana mereka mendapatkan pekerjaan ini.

Kalau tahun lalu gue buat untuk IOS dan Android, tahun ini hanya gue buat untuk Android. Dimana didalam aplikasi ini berisi sebuah komik yang memang memiliki cerita tentang bagaimana Nyamuk malaria dan Demam Berdarah ini.

Target segmen ini memang ditujukan kepada anak-anak muda. Makanya komik menjadi medium yang bisa dibilang cukup mengena. Selain ini tidak terlalu serius (formal) tapi padat akan informasinya.

Komik Digital untuk Sosialisasi Kemenkes
Lucu, kreatif, jenaka dan Padat informasi, begitulah konseptor dari pekerjaan ini mengatakan, yaitu Bapak Faisal. Gue dengan senang hati mengeksekusi pekerjaan ini, karena bekerja sama dengan beliau sangat fun sekali, tidak terlalu serius tapi harus taat deadline, kalau nggak dipotong anunya, he he he he, bercanda gue yah pak.

Set up di Google Console
Kalau lo mau lihat dan penasaran sama komiknya, lo bisa unduh di Playstore, langsung search aja, Nyamuk Demam berdarah dan Malaria.


Nah kurang lebih kayak youtube diatas aplikasinya, dan untuk screen shoot pada playstore, lo bisa lihat dibawah gambarnya :

Screenshoot Aplikasi pada Playstore
Screenshoot Aplikasi playstore
Kalau ditanya estimasi waktu pengerjaan, untuk komiknya sendiri memakan waktu paling cepat 2 minggu. Itu diluar dari revisi, kalau ada revisi yah tinggal di tambahkan waktu saja. Kalau proses pengerjaan membuntel (halah basahasnya membuntel), meng-compile (sok kayak programmer deh), menyatukan komik itu dijadikan program Android itu membutuhkan waktu 3 harian deh.

Untuk mempublish komiknya sendiri itu bisa memakan waktu 2 sampai dengan 4 jam. Karena satu komik itu google agak manja yah, dia minta waktu kurang lebih sejam sampai dengan sejam setengahlah untuk bisa naik ke Playstore.

Untuk biayanya ?
Kalau ini mah hubungi gue aja deh, karena memang relatif saja kalau masalah biaya. Cuma jangan bilang murah yah, karena sama gue sih gak mungkin murah, ha ha ha ha, bercanda.

Seperti yang gue posting pada postingan gue sebelumnya, dimana antara teknologi dan kreatif itu memiliki korelasi yang kuat sekarang. Dan bukan juga palugada, jelas gue punya benang sendiri, judulunya segala sesuatu tentang branding/sosialisasi dan support marketing gue harus bisa kerjakan itu. Jadi kalau memang tidak ada hubungannya dengan itu juga gue ogah mengerjakan.

Kalau hampir disemua pekerjaan banyak yang bilang gue bisa kerjakan, Alhamdulillah kurang lebihnya begitu, asal tadi yah berhubungan dengan apa ? ..... pinter ......

Terima kasih sudah mampir di tulisan yang grammar-nya acak-acakan (banyak yang bilang gitu). Tapi tanpa mengurangi rasa hormat, gue tetap gak mau menghilangkan Fun gue untuk menulis kayak gini, walaupun sedikit-sedikit udah gue benerin sih.

Thanks sobat, sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments