Tips Mempromosikan Usaha Lewat Media Digital

By January 10, 2016 ,

Banyak yang bertanya, efektifkah mempromosikan usaha lewat digital, jawaban Gue sih selalu bilang itu salah satu langkah yang harus diambil jika mana memang usaha Anda mau cepat dikenal oleh orang banyak. Tapi yang penting Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam mempromosikannya, gue punya tips niy untuk itu. Coba simak aja postingan gue berikut ini. 

Beberapa tips mengembangkan usaha lewat digital adalah :

1. Memiliki Website

Wesbite, merupakan salah satu media yang harus Anda miliki terlebih dahulu sebagaimana website akan selalu dicari oleh pengguna media digital. Ketika Anda mengiklankan lewat website-website iklan yang sekarang ini banyak disediakan, maka Anda harus memikirkan membuat website untuk usaha Anda.

Website juga bisa dijadikan barometer Anda dalam melihat peningkatan awarness untuk usaha Anda. Karena didalam website tersebut pada saat sekarang biasanya sudah memiliki tools untuk melihat jumlah pengunjung pada wesbite Anda.

Dengan begitu Anda bisa mengevaluasi dari jumlah pengunjung website Anda kepada jumlah konsumen usaha Anda. Kalau memang jumlah pengunjung wesbite Anda banyak tapi belum bisa dikonversi menjadi konsumen, maka Anda bisa membuat terobosan-terobosan agar bisa terkonversi menjadi konsumen usaha Anda.

2. Sosial Media

Sosial media bisa digunakan untuk memberikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk calon konsumen Anda. Gunakan Sosial media ini untuk sesuatu yang positif. Untuk jenis media ini, disarankan Anda bijak menggunakan sosial media yang memang account tersebut Anda gunakan atas nama usaha Anda.

Kalau Gue sendiri sih lebih senang menggunakan sosial media usaha gue untuk hal-hal yang positif. Edukasi produk, kegunaan produk Anda, testimoni dari konsumen gue, dan berbagai macam hal yang bisa memberikan pengaruh positif terhadap usaha gue sendiri.

Buatlah Fanpage di Facebook, Google Plus dan bagi Anda yang memang memiliki waktu yang banyak bisa juga Anda kombinasikan dengan twitter dan Instagram. Tapi kalau memang tidak memiliki waktu luang, sekedar Facebook saja menurut gue sih cukup kok, asal memang semuanya tepat pada sasaran.

3. Customer Care 

Gue selalu mengevaluasi dengan pelayanan yang sudah kita berikan. Evaluasi perbulan perlu dilakukan guna mengetahui berapa orang yang kecewa dengan pelayanan kita dan berapa orang yang puas dengan pelayanan kita. Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan yang kita lakukan baik secara off-air ataupun secara online.

Kalau buat gue sendiri bijaksini terlebih dahulu baru bijaksna, itu artinya kita harus memikirkan apa yang kita berikan kepada konsumen terlebih dahulu baru kita memikirkan apa yang yang konsumen dapatkan dari kita.

Percuma promosi dalam bentuk masive, akan tetapi kita tidak pernah mengevaluasi bagaimana pelayanan kita kepada konsumen. Era sekarang jelas sudah sangat berbeda dengan era dimana digital belum merambah kepada dunia usaha. Kalau dulu distorsi masih sangat lamban sampai kepada lintas region karena memang pola komunikasinya masih dari mulut ke mulut. Tapi untuk saat sekarang distorsi itu sudah sedemikian cepatnya sampai kesetiap pelosok, karena ketika konsumen Anda kecewa maka dia akan mempostingnya pada account sosial medianya.

Dengan begitu maka berita buruk akan cepat sampai ketika pelayanan yang kita berikan kepada konsumen kita sangat buruk sekali. Itu yang membuat gue selalu konsentrasi untuk menjaga baiknya pelayanan yang bisa usaha gue berikan kepada konsumen gue.

4. Informasi yang Akurat

Berikan informasi yang akurat kepada calon konsumen Anda. Bagaimana cara mendapatkan produk Anda, bagaimana cara menghubungi Anda, dimana lokasi usaha Anda, merupakan salah satu perihal yang harus difikirkan dengan baik.

Mengingat para pelaku kejahatan online sudah banyak sekali saat sekarang, maka ada baiknya kita memberikan satu informasi yang akurat agar calon konsumen kita bisa merasa nyaman. Salah satu kunci berhasilnya sebuah promosi usaha lewat media digital adalah mampu menciptakan rasa nyaman kepada konsumen. Dengan begitu mereka juga tidak akan curiga bahwa Anda bisa diajak kerjasama dengan mereka.

Nah sekarang Anda sudah bisa memulai mempromosikan usaha Anda lewat digital media. Seharusnya jika mana memang semuanya sudah siap, maka promosi Anda akan cepat sampai disasaran.

Pelajari juga bagaimana Anda seharusnya menggunakan masing-masing sosial media, jika Anda berniat menggunakan semua platform sosial media. Karena Facebook, Path, twitter, itu memiliki cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Karena memang masing-masing platrform memiliki segmen yang berbeda-beda juga. Jadi observasi terlebih dahulu platform apa yang ingin Anda gunakan.




Salam Kreatif,
Arie fabian -

You Might Also Like

0 comments