Tips Desain untuk Membuat Layout Buku

By February 05, 2016 ,


Sekedar berbagi pengalaman saja pada saat Gue membuat sebuah perencanaan untuk Buku Trah sebuah keluarga Harjomunawi ini. Sebuah Desain yang akan diaplikasikan untuk sebuah buku ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. 

Salah satu hal itu adalah : 

- Jenis penjilidan yang akan kita lakukan pada saat proses finishingnya nanti
- Perencanaan Halaman 
- Efisiensi biaya

Jenis penjilidan mempengaruhi sebuah Desain pada saat pembuatan Final Artwork nantinya. Karena jenis jilid antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan Jarak. Pada pembuatan buku kita mengenal beberapa jenis penjilidan seperti : 

- Jilid Kawat 
- Lem Panas 
- Jilid Streaples 

Perbedaannya terdapat pada space diantara sambungan halaman. Jika kita menggunakan Jilid dengan menggunakan Streaples  maka kita masih bisa meletakkan gambar dipinggiran halaman. Kalau text kita sama - sama tahu memang harus diberi jarak 2 - 2.5 cm agar aman tidak terlipat nantinya. 


Akan sangat tidak maksimal jika kita meletakkan gambar dan ternyata pada saat diproduksi gambar tersebut terlipat diantara lipatan halaman. Apalagi jika itu adalah logo yang bertujuan untuk Branding. 

Perencanaan halaman juga merupakan bagian penting dalam membuat buku. Jika kita ingin membuat 100 halaman maka difikirkan juga dalam merencanakan halaman perhalamannya. Apakah halaman akan dibuat dua muka atau memang hanya satu muka. 

Itu akan mempengaruhi tatak letak angka halaman tersebut. Disaat kita membuat sebuah perencanaan sebuah buku dengan visual design yang direncanakan untuk satu muka, maka biasanya nomer halaman akan diletakkan disebelah kiri semua. 

Akan tetapi pada saat dicetak dibuat 2 muka, maka halaman tersebut pasti akan ada yang terlipat. Dan juga hasilnya angka halaman tersebut akan ada dipojok kanan dan dipojok kiri karena perubahan proses dari satu muka dan dua muka. 

Lalu yang terakhir adalah efiesiensi biaya, apalagi kalau bukan saat mencetaknya. Dimana kita bisa merencanakan dari awal perlukah perhalamannya berwarna semua atau memang bisa dicetak hitam putih untuk isi buku tersebut. 

Karena perbedaan harga akan sangat jauh sekali jika kita bisa menukar isi dari buku itu dengan mengunakan hitam putih saja. 

Lalu yang difikirkan adalah jenis kertas, dimana jenis kertas ini juga sangat mempengaruhi dari harga produksi cetakannya nanti. Kalau kita dicover luarnya menggunakan bahan art karton 260 gr, maka isinya kita bisa mengguakan art papper 150 gr. 

Dengan begitu kita bisa menghemat biaya dalam membuat produksi sebuah buku. Dengan begitu kita bisa menentukan sendiri budget untuk pembuatan buku yang akan kita produksi sebelumnya. 

Selamat membuat perencanaan untuk buku Anda. 


Catatan : 
- satu muka dicetak hanya lembar belakangnya saja, bila 2 muka berarti cetakannya bulak-balik 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments