Memilih Antara .com atau .co.id

By March 17, 2016 , ,

Jaman dahulu ketika kita memiliki sebuah website, domain .com bisa lebih dipercaya dibandingkan domain yang lainnya. Bagaimana dengan sekarang, apakah tren tersebut masih berlaku sampai saat sekarang, dan bagaimanakah sebaiknya kita menentukan Domain untuk nama Website kita, yuk coba simak deh tulisan gue kali ini. 

Kalau permasalahan bagaimana cara membuat website mungkin memang bukan gue pakarnya, gue hanya bisa membuat sebuah perencanaannya saja. Tapi kalau menentukan pilihan untuk Domain Website Anda, maka itu bisalah gue kasih beberapa tips buat Anda, biar Anda dengan usaha Anda tidak bingung dalam menentukan Domain untuk usaha Anda tersebut. 

Jadi seperti yang gue bilang diatas, domain pada saat tahun 2001-an sampai dengan 2008, menggunakan domain dengan .com itu terlihat lebih seksi dan dirasa sangat pantas sekali. Karena fenomena ditahun tersebut, orang masih banyak yang berjualan dengan menggunakan platform-platform gratisan, seperti wordpress dan Blogspot. 

Jadi kalau memang mereka menggunakan Platform Blogspot dan Wordpress, maka yang terjadi adalah alamat website mereka domainnya menggunakan Platform tersebut. Contoh : www.ariefabian.blogspot.com. 

Dinilai dua kepantasan kenapa domain .com terlihat lebih seksi, lebih keliatan serius dalam Anda berjualan, yaitu : 

1. Kalau Anda menggunakan domain Wordpress dan Blogspot, maka Anda dinyatakan sebagai orang yang belum serius jualan. Karena Anda masih mengandalkan Domain gratisan, dimana pemikiran orang pada saat itu, kalau Anda menipu orang lain, maka Anda tinggal bikin wordpress/blogspot baru lagi maka masalah penipuan tersebut tidak akan bisa dilacak. Kita tahu, pada saat-saat itu berjualan online masih belum sepopuler sekarang. 

2. Kalau Anda menggunakan Domain .com, maka setidak-tidaknya Anda harus membayar orang lain untuk membuatkan website Anda dan membeli Domain.com tersebut. Dengan begitu maka Anda bisa dilihat keseriusannya didalam memulai usaha. 

Inilah yang gue amati dengan menanyakan beberapa kawan-kawan gue pada saat ditahun itu. Dan yang gue rasakan juga demikian. 

Nah bagaimana dengan sekarang, apakah tren tersebut masih berlaku untuk saat ini ? 

Kenyataannya mulai ada pergeseran, karena pada saat sekarang timbul lagi sebuah tren kalau menggunakan .co.id atau .id akan terlihat lebih serius dibandingkan dengan menggunakan domain.com. 


Jadi begini, jika kita mendaftarkan website kita untuk dapat menggunakan domain.id atau .co.id, maka, kita harus memberikan legalitas usaha kita. Dengan begitu, jika memang ada pelanggaran atau penipuan pada sebuah usaha yang menggunakan domain ini akan bisa dengan mudah ditindak, dilacak dan dikejar untuk dimintai pertanggung jawabannya. 

Berbeda kenyataannya pada domain.com saat ini. Untuk domain.com saat ini dapat dimiliki oleh siapapun, walau sama-sama terdaftar. Hanya saja terdaftar untuk pemilik dari domain tersebut. Jadi kalau mau dilihat sekarang polanya : blogspot.com > .com > .id 

Menggunakan domain.blogspot.com sudah paling bawah untuk tingkat kepercayaannya. Biasanya yang melakukan usaha dengan menggunakan domain blogspot ini dilakukan oleh pemula. Dimana mereka masih ingin mencoba-coba berjualan dengan cara online. 

Walau ada juga beberapa yang masih nyaman berjualan dengan domain blogspot, tapi biasanya yang masih bisa bertahan jualan dengan domain blogspot adalah orang-orang yang sudah berjualan secara online dan tidak pernah ada masalah sampai sekarang. 

Lalu setelah blogspot, domain.com masih bisa lebih dipercaya dibanding dengan domain blogspot, dan pada tingkat kepercayaan tertinggi ada pada .co.id atau .id.

Setidaknya kalau Anda baru mau berniat untuk mengembangkan usaha Anda kepada pemasaran online, maka ada baiknya Anda menggunakan domain .co.id atau minimal .com. Untuk saat ini jika memang Anda baru menjajaki pemasaran online, gue sih saranin jangan menggunakan domain blogspot atau wordpress. 

Nah kurang lebihnya sih itu yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan mending .com atau .co.id. 

Walaupun pada kenyataannya kita akan dikembalikan lagi kepada kesungguhan kita dalam menjalankan usaha. Gue menggunakan domain yang sejenis dengan .com yaitu .biz bisa kok mendapatkan kepercayaan orang atau calon client-client gue. Setelah orang melihat website itu masih berdiri selama 4 tahun lamanya tanpa ada orang yang complain negatif didalam website tersebut. 

Tapi memang itu butuh waktu dalam menjalin sebuah kepercayaan kepada orang banyak. Walaupun sudah menggunakan .com atau sejenisnya, tapi kita tidak mampu memberikan pelayanan yang kita tawarkan didalam website kita, tidak jarang juga website yang tumbang karena memang mereka akhirnya dicibir atau dibicarakan dari mulut ke mulut karena memang kelalaian kita tersebut. 

Semangat terus untuk Anda, semoga usaha Anda bisa sukses dan maju terus. Merambah kedalam dunia digital itu kalau gue bilang sangatlah perlu, karena memang keterbatasan waktu kita menghadapi macetnya jalanan membuat kita tidak bisa melakukan canvasing satu persatu mengenalkan perusahaan kita. 

Semangat terus untuk Anda. 




Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments