Digital Printing Luar Ruang

By April 15, 2016 , ,


Digital Printing pada dasarnya adalah mencetak dari file langsung kepada material atau bahan. Dimana tidak ada proses pra-cetak yang rumit bahkan hampir sama dengan proses kerja printer. Kalau kita lewat disebuah jalan sekitaran jalan Bendungan Hilir, maka kita akan jumpai penuh dengan tulisan Digital Printing, dimana belum tentu sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan Anda. 

Kalau gue sendiri membagi 2 jenis untuk digital printing ini, ada digital printing untuk kertas dan digital printing untuk material luar ruang. Dimana kita bisa bedakan jenis mesin yang bisa kita lihat (biasanya) dari luar kantor mereka. 

Kalau jenis digital printing luar ruang maka kita akan melihat didalam kantor mereka ada mesin yang panjangnya 3 meter. Itu sudah dipastikan bisa mencetak untuk kebutuhan luar ruang, seperti spanduk, baliho, umbul-umbul dan sebagainya. 

Tapi kalau yang Anda lihat seperti mesin fotocopy, maka itu hampir bisa dipastikan adalah digital printing untuk jenis kertas. 

Kali ini gue gak bahas lagi untuk digital printing untuk kertas, karena memang sudah gue bahas pada tulisan sebelum ini. Untuk postingan yang ini, gue akan lebih membahas kepada materi printing untuk luar ruang. 

Digital printing untuk luar ruang ini ada dua jenis mesin, yaitu : untuk kebutuhan Outdoor dan untuk kebutuhan Indoor. Kalau outdoor memiliki panjang mesin sampai dengan 3 meter sedangkan untuk Indoor memiliki panjang mesin 1,5 meter. 

Perbedaan dari kedua jenis mesin ini ada beberapa, yaitu : 

- Mesin Indoor menggunakan tinta Dye dan tinta untuk Outdoor menggunakan Solvent 
- Perbedaan pada kedua jenis tinta ini adalah ketahanan dari tinta itu sendiri, dimana solvent 
  memiliki kekuatan yang lebih lama dibandingkan dengan Dye
- Panjang mesin Oudoor lebih panjang, seperti yang gue bahas diatas
- Bahan yang digunakan untuk kedua mesin ini pun berbeda-beda. 
- Hasil kerapatan dari cetakannya pun berbeda, mesin indoor lebih memiliki kualitas cetak yang lebih 
  baik dibandingkan dengan outdoor. 

BAHAN-BAHAN UNTUK MESIN OUTDOOR 

Bahan yang digunakan untuk mesin Outdoor adalah bahan yang memang memiliki kekuatan untuk melawan panas dan hujan, bahan itu adalah : 

- Bahan Fleksi Front lite
  Untuk jenis fleksi ini banyak jenisnya, seperti : Fleksi Cina, Korea, German dan Swiss  
- Fleksi Backlight
- Sticker Vynil

BAHAN-BAHAN UNTUK MESIN INDOOR 
Bahan yang digunakan untuk mesin Indoor ini jauh lebih banyak variannya dibandingkan dengan mesin Outdoor, dimana bahan untuk Indoor itu adalah : 

- Bahan Albatros 
- Bahan Sticker Transparan 
- Photo Papper 
- PVC Papper 
- Duratrans 

Mesin Digital Printing Outdoor
Kalau dari sisi harga, untuk Outdoor dan Indoor akan lebih mahal untuk cetakan Indoor. Kita bisa lihat daftar harga dibawah : 

Outdoor : 
- Harga cetak Fleksi Frontlite  : Mulai dari Rp.20.000,- s/d Rp.150.000,- 
  Harga biasanya dibedakan karena jenis bahan dari yang paling murah china sampai dengan Swiss 
- Harga cetak Sticker : Mulai dari Rp. 50.000,-  s/d  Rp. 80.000,- 
- Harga cetak Back Light : Rp. 75.000,-  s/d Rp.80.000,- 

Indoor : 
- Harga Cetak Albatross : Mulai dari Rp. 60.000,- s/d Rp.90.000,- 
- Harga Cetak Stikcer Transparan : Mulai dari Rp. 60.000,-  s/d  Rp.90.000,- 
- Haraga Duratrans : Mulai dari Rp. 60.000,- s/d Rp.90.000,- 

Notes : 
Harga diatas adalah harga permeter

Yang menjadikan perbedaan harga terkadang ditentukan oleh kualitas print itu sendiri. Ada beberapa cetakan yang tidak mau ikut dalam perang harga tapi terus menjaga hasil dari cetakannya tetap baik, kalau gue sih suka yang model begini. 

Cara menghitung projek cetakan Digital Printing : 
- P X L X Harga 

Nah Anda tinggal kalikan saja mau menggunakan material yang mana, kalau Outdoor yah langsung masukkan kebutuhan ukuran yang Anda inginkan. 

Proses untuk pengerjaannya, sebenarnya untuk pengerjaan printing bahan outdoor ataupun indoor bisa cepat dikerjakan, maka kalau kita ingat beberapa tahun yang lalu, beberapa tempat digital printing memasang materi promosi mereka dengan copywriting : 

" Cetak, ditunggu bisa jadi" 

Pada dasarnya memang mesin ini dalam pengerjaan persatuannya bisa ditunggu. Kalau proses pengerjaannya, mesin indoor lebih lama prosesnya dibandingkan dengan mesin Outdoor. 

Nah tinggal sekarang kita bisa lihat, kalau semua orang mencetak pada tempat yang sama, bagaimana bisa semuanya ditunggu, kita akan melewati proses antrian sesuai dengan antrian kita. 

Kegunaan mesin outdoor : 
- Spanduk, Billboard, Baliho, Umbul-umbul, Giant Banner. 

Kegunaan mesin Indoor : 
- X banner, Poster, Big Poster, Roll up banner.
Mesin Digital Printing Indoor 

Harga yang disebutkan diatas diluar dari biaya instalasi, sebagai contoh jika kita ingin mencetak umbul-umbul, maka harga diatas hanya untuk harga Print-nya saja. Untuk pemasangan Anda akan dikenakan biaya kembali. 

Untuk biaya pasang itu memiliki tarif yang relatif beda-beda, seumpama untuk memasang Umbul-umbul dengan memasang sticker pada gedung di lantai 28, maka kedua jenis pemasangan ini akan dikenakan tarif yang berbeda. Mereka tidak bisa mengukur dari biaya permeter dari ketinggiannya, karena memang ada variabel membayar jasa orang dengan keberanian yang khusus untuk memasang sticker pada gedung-gedung tinggi. 

Untuk mesin-mesin digital printing luar ruang ini Anda bisa banyak temukan di Jakarta ini pada lokasi : Kalibaru Senen, Kebayoran Lama, Benhill, Rawamangun dan biasanya hampir disetiap wilayah kayaknya ada deh. 

Kayak kemarin gue baru habis jalan di sekitaran Keramat Jati, disana sudah banyak juga percetakan digital, pada pinggir jalan Keramat Jati. 

Untuk Profile warna yang mesin ini gunakan adalah tetap CMYK, dimana hampir sama dengan mesin Offset. Kalau Anda ingin mencetak untuk kebutuhan luar ruang Anda, maka Anda tinggal siapkan filenya, lalu Anda bisa langsung datangi tempat-tempat yang sudah gue kasih tahu diatas. Paling lama Anda menunggu satu hari jika mana memang penuh, tapi kalau Anda beruntung maka Anda bisa menunggu sambil melihat proses cetakan Anda dibuat oleh mesin milik mereka. 






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments