Bertandang Ke Workshop Kawan

By July 25, 2016 ,


Kawan sudah lama tidak terdengar kabar tiba-tiba malam tadi memberi kabar. Kalau dia ternyata buka workshop untuk pameran juga, cuma bidangnya beda sama gue. Kalau dia lebih kearah pembuatan material pameran dengan bahan dasar stereform. 

Gue tahu memang, dia dari dulu memang punya bakat untuk membuat hiasan-hiasan menggunakan strereform. Waktu jaman dikunciran dia suka banget tuh buat hiasan-hiasan yang menggunakan Stereform untuk acara pernikahan.

Kalau disuruh main ketempat kawan, gue paling hobi deh, maka gue meluncur deh ketempat kawan gue ini dibilangan Depok. Wuits, ternyata pekerjaannya sudah banyak kayaknya. Dia mendapatkan pemesanan untuk pembuatan karakter menggunakan Stereform.

Cerita-cerita tentang dulu, sampai dengan mengarah kepada obrolan bisnis. Biasalah, kalau gue bersama kawan-kawan selalu harus saling bantu membantu dalam bidang apapun.

Workshop Strereform Pameran
Jangankan dalam bidang gue, diluar bidang gue sendiri aja tetep biasanya gue ajak ngobrol dan memang selalu gue buat list. Jadi suatu saat nanti kalau gue ketemu dengan client yang memang memberikan pekerjaan bukan dibidang gue, maka biasanya gue buka list usaha kawan-kawan gue sendiri. Kalau memang pas, maka biasanya gue langsung sounding atau menawarkan kepada client gue untuk langsung saja menghubungi dia.

Marketing Fee ? 

Gak selalu kok, buat gue kalau memang dikasih yah gue gak nolak, tapi kalau nggak pun yah gue juga gak ada tuntutan. Karena menurut gue berbuat baik pasti ada baliknya kok, biar gak dari orang itu langsung.

Dan Alhamdulillah, begitu juga dengan kawan-kawan gue, beberapa pekerjaan juga biasanya banyak yang dibantu oleh kawan-kawan, karena memang gue tetapkan kalau untuk teman kita harus bisa menjalin kekerabatan dan bekerja sama.

Workshop Strereform Pameran
Untuk usaha-usaha yang seperti gue gini, biasanya dimulai dengan menyewa sebuah rumah dibandingkan ruko. Karena memang kalau kayak gue gini gak butuh tempat yang bagus-bagus, yang penting luas dan harganya murah.

Maklum ini masih kelasannya usaha kecil menengah. Kalau gue sewa ruko maka Opex-nya akan membengkak, dan masih sayang buat dialokasikan untuk tempat. Sama halnya dengan kawan gue ini, dia memilih rumah untuk menekan biaya operasional. Dimana tempat yang dipilih dikawasan depok.

Dia membuat beberapa karakter seperti yang gue posting diatas, harganya terbilang cukup murah kok, bahannya menggunakan Stereform semuanya.

Workshop Strereform Pameran
Yang bikin keren itu sebenarnya colouring-nya sih. Sama beberapa detail seperti yang kita lihat pada bagian rambut untuk karakter diatas. Sekarang dia memiliki 8 orang karyawan untuk membantu membuatkan pesanan-pesanan yang diraihnya.

Profit yang dia dapatkan masih terbilang standardlah, 30 sampai dengan 50% tapi untuk 50% itu sangat jarang sekali. Kecuali yang custom dan memang pesanan khusus, dan waktu pengerjaaannya lebih lama dari yang biasanya.

Workshop Strereform Pameran
Walaupun industrinya kreatif, tapi kalau memang biacaranya barang, maka biasanya memang kita masih bermain di profit 30% kok rata-rata. Kecuali memang pada bidang jasanya, untuk desain dan yang lainnya, itu masih bisa lebih dari 30%.

Karena memang saingannya terus tumbuh kok, kalau kata kawan gue ini. Setiap harinya ada aja vendor yang baru dengan bidang yang sama seperti ini. Jadi kalau mau pukul margin lebih dari 30% agak sulit katanya. Kecuali nanti kalau udah punya nama.

Kesulitannya memang hampir sama dengan Studio yang gue bangun. Dimana memang kita masih sangat sulit berbicara margin diatas 30%, karena memang banyaknya kompetitor. Tapi menurut gue sih seru-seru aja, karena memang pada suatu saat nanti kita bisa menaikkan kok, tapi kalau sampai lebih dari 50% sih gue agak kurang yakin juga.

Sukses terus bro, semoga kedepan kita bisa bersinergi untuk membuat satu karya bersama pada bidang kreatif khususnya pameran. Gue seneng banget mengembangkan konsep, kalau kita kaya akan pengetahuan tentang produk support untuk pameran ini, maka biasanya hasilnya bisa lebih maksimal dalam mengimplementasikan visual dan menekan budgeting.



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments