Infografis 5 Profesi tidak libur saat lebaran

By July 05, 2016 , , ,


Lebaran memang moment yang sakral buat kita yang tinggal di Negara yang didominasi oleh Umat Muslim. Apalagi seperti Indonesia ini, Lebaran adalah moment yang paling berharga untuk bertemu dan bersilahturahmi oleh sanak family, karena memang pada moment ini kita akan melakukan kumpul keluarga secara akbar. Tapi itu bukan berarti itu berlaku untuk 5 profesi ini loh, apa aja kira-kira, yuk ikuti infografisnya. 


1. Petugas kemanan 

Sudah pasti dong, kalau penjaga negara ini libur, maka kita bisa bayangkan, bagaimana nanti jadinya negara. Untuk Aparat keamanan seperti, Polisi, TNI, dan yang lainnya sudah pasti tidak akan merasakan lebaran pada saat hari pertama. Walaupun tidak semua, namun beberapa petugas pasti ada yang namanya tugas jaga.

2. Petugas Transportasi

Yang kedua ini juga sama halnya dengan Aparat keamanan. Indonesia masih kental dengan budaya yang dinamakan Mudik (Pulang kampung). Pada saat lebaran orang ingin mengunjungi kampung halamannya. Dimana sampai hari "H" saja orang masih ada yang memesan tiket untuk pulang. Baik menggunakan Kereta, Kapal udara, maupun kapal laut. Nah sudah barang tentu yang kebagian jaga pas lebaran petugas transportasi ini bisa dibilang tidak akan menikmati hari lebaran.

3. Petugas Kesehatan 

Petugas kesehatan ini memang salah satu dari lima profesi yang tidak bisa libur saat lebaran. Walaupun beberapa karyawan seperti : Suster, Dokter, dan yang lainnya hanya sebagian saja, tapi sudah dipastikan kalau mereka yang berprofesi ini ada yang tidak bisa menikmati hari lebaran bersama keluarganya.

4. Karyawan IT

Nah kalau yang satu ini gue pernah ngerasain nih. 3 tahun di GE Money menjadi IT, pada saat tahun pertama gue gak bisa lebaran dirumah, alias jaga jaringan. Karena memang untuk beberapa IT seperti yang berurusan dengan Keuangan, maka transaksi pada saat lebaran itu memang pasti terjadi besar-besaran. Karena memang pada saat lebaran hampir bisa dipastikan orang membutuhkan uang. Maka dari itu, seorang IT biasanya menjaga jaringan agar tidak "down"

5. Pegawai Perbankan

Pegawai perbankan ada beberapa yang tidak libur. Seperti kemarin kita mendengar bahwa Bank BCA tetap buka pada saat lebaran pertama walau hanya dibeberapa cabang saja. Nah, kebayang kan, yang kebagian jaga pada saat lebaran pasti tidak akan bisa menghadiri acara kumpul bersama keluarga.

Untungnya pekerjaan gue yang sekarang ini tidak seperti 5 jenis pekerjaan diatas. Dimana memang jika kita lihat diatas, perusahaan yang bergerak dibidang jasa lah yang lebih banyak tetap beroperasional pada saat lebaran hari pertama.

Pada saat gue menjadi orang IT waktu itu memang rasanya jengkel, karena memang gue beranggapan pada saat itu kejam banget yang meminta gue datang untuk kerja. Tapi memang kalau saat sekarang melihatnya, itu memang semata-mata dilakukan untuk banyak orang atau kebutuhan orang banyak.

Walau ada beberapa kalau menurut teman-teman gue itu tetap tidak bisa dibenarkan. Kalau dari gue mungkin bijaknya sebuah Perusahaan bisa mengganti orang yang berjaga pada saat hari raya ini dengan karyawan yang memang bukan Muslim. Karena nanti akan berlaku sebaliknya pada saat hari raya agama yang lainnya. Dengan begitu maka kita bisa berlaku bijak, untuk tetap melakukan operasional dihari raya tersebut.

Cuma kalau memang Perusahaan itu seperti perusahaan Perbankan Syariah agak susah juga sih yah ... Ada curhatan buat Anda yang masuk pada saat hari lebaran, yuk share di Komentar postingan ini. Selamat hari Raya Idul Fitri yah kawan-kawan, maaf lahir batin.




Salam Kreatif,
Arie fabian 

You Might Also Like

2 comments