Pokemon Go & Augmented Reality

By July 12, 2016 ,


Udah ikutan Install Pokemon Go belum ? dimana game ini jadi hits banget di setiap timeline sosial media kita. Game yang dibuat dengan menggunakan Teknologi Augmented Reality ini memang sedang menjadi Tren di Indonesia, padahal game ini belum dirilis di Indonesia, tapi sudah banyak yang berhasil mendownload dan memainkannya. 

Lebih tepatnya gue tidak akan membahas tentang Pokemon Go-nya, melainkan gue mau membahas tentang Augmented Reality (AR) itu sendiri. Kalau kemarin gue udah bahas tentang Virtual Reality (VR) pada postingan sebelumnya, sekarang gue mau coba menjabarkan apa itu AR (Augmented Reality) sendiri. 

AR itu intinya adalah menambahkan sesuatu objek kedalam dalam bentuk visual kepada dunia nyata. Dulu kita pernah dihebohkan dengan kartu yang di desain untuk kebutuhan AR, dimana kita bisa lihat seperti gambar dibawah : 


Pada dasarnya, Objek dibuat terlebih dahulu baru dimasukkan kedalam dunia nyata lewat gadget yang berghubungan langsung, seperti Webcam, Camera Ponsel dan lainnya yang bisa meng-capture visual dalam bentuk Real Time.

Objek yang ditambahkan kedalam visual kita bisa berbentuk 2D atau 3 Dimensi. Kalau prediksi gue, kedepannya google map akan merilis fitur yang baru yang menggunakan Teknologi AR. Kurang lebihnya Anda akan bisa menikmati fiturnya seperti gambar dibawah ini :


AR sendiri didefinisikan oleh Ronald T. Azuma pada tahun 1997 adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya dilingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan dapat terintegrasi antara benda didalam 3 dimensi, yaitu benda maya terintegrasi kedalam dunia nyata.

Nah salah satu fitur AR yang bisa Anda temui pada game, yah seperti didalam Game Pokemon Go itu sendiri, Anda bisa melihat tayangan youtube dibawah ini :


Memang dengan memainkan game ini pastinya Anda akan mendapatkan "Experience" tersendiri dalam memainkan game-nya. Tidak heran itu kenapa Game Pokemon Go ini langsung dilirik, khususnya di Indonesia itu sendiri. Karena memang kalau gue lihat, di Negara kita ini selalu haus akan kehadiran teknologi-teknologi baru, kayaknya memang hampir disetiap negara kali yah.

Nah sudah pasti seru kayaknya, karena gue belum instal game ini jadi memang belum bisa bercerita banyak, hanya saja gue tertarik dengan teknologi AR itu sendiri. Contoh-contoh AR lainnya bisa Anda simak pada Video dibawah ini :




Seru bukan ? dimana kedepannya kita akan melihat ramainya fitur ini di mix dalam beberapa medium pastinya. Kalau pada dunia gue, maka gue bisa pastikan, Iklan kedepan akan berusaha menggunakan fitur ini untuk menarik perhatian para audiens-nya.



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments