Portofolio Gue di Fabian Project Suka dan Duka


Berjalan dari 2014 Gue bangun Fabian Project, sudah semakin banyak portofolio atau karya yang sudah gue buat. 






Yang namanya dikejar deadline udah jadi makanan utama buat gue. Bukan masalah deadline design saja, melainkan deadline masalah produksi. Dimana memang gue harus menghitung waktu dengan akurasi tinggi. Dimana gue harus mengukur semua resiko yang bakal terjadi jika memang waktu dikurangi dari produksi normal. 

Budgeting, juga merupakan hal yang memang selalu berjalan beriringan dalam membuat sebuah perencanaan. Ide yang gila tapi budget terlalu liar biasanya tidak disukai oleh klien. Tantangannya selalu membuat budget yang bagus tapi dengan ide yang agak keluar dari jalur. 

Yang paling sulit adalah, kalau mendapatkan Klien yang tidak teguh pendiriannya, alias berubah-ubah terus. Wuaaaaaah, itu paling sulit deh pokoknya. Ada klien yang pada saat H-2 minta berubah desain. Itu bisa sangat jadi kesulitan yang luar biasa. Sebuah baiknya koordinasi sangat diuji jika memang ada perubahan di deket hari H. 

Untuk pengerjaan desain, yang paling sulit adalah mengedukasi klien kita untuk bisa menghargai proses berkreatifitas kita. Dimana mereka selalu berfikir dalam perihal membuat sebuah desain itu semua tampak mudah bagi mereka. Karena memang google banyak sekali memberikan image yang gratisan, lalu ada vector yang gratisan, namun gue selalu mengedukasi bahwa semua itu memiliki value tersendiri. Menggunakan gambar dari google maka akan membuat kesan kita tidak different dari yang lainnya. 

Foto sebisa mungkin dibuat, diambil dengan menggunakan jasa fotografi, agar otentisitas dari image kita memang merupakan hasil dari produk sendiri. Kalau memang logo, jangan cuma asal comot karena keren melainkan difikirkan juga semangat yang akan dibawa sampai nanti Perusahaan kita berdiri. Berikan roh pada logo tersebut, jadikan visual yang dapat mendorong semangat kita dalam menjalankan sebuah perusahaan. 

Didunia yang gue jalanin seperti sekarang ini memang sangat seru. Seru yang luar biasa. Gue berasa, gak ada challenge yang sama. Semuanya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Makanya gue sangat menikmati prosesnya. Mulai dari proses sukacita sampai dengan proses dukacita, he he he. 

Berjumpa dengan banyak orang, berbincang dengan banyak orang, bekerja untuk banyak Perusahaan, berkordinasi dengan orang baru, itu semuanya menjadi satu hal yang sangat luar biasa dalam pencapaian dihidup gue. 

Ada yang pernah bertanya sama gue, jadi seorang desainer itu harus pinter ngomong gak sih ? 
Kalau buat gue, jadi desainer itu harus pintar membuat pertanyaan. Sebuah pertanyaan yang mengarahkan tentang selera dari Klien lo. Dan yang paling sulit jika pertanyaan itu yang sifatnya agak personal, tentang desain yang dia suka, tentang makanan yang dia suka, tentang tempat nongkrong yang biasa dia kunjungi, itu agak personal. 

Kalau kita hanya mengharapkan jawaban itu bisa kita dapat dalam pertemuan formal, maka lo gak akan bisa dapat jawabannya. Pertemuan non formal itu banyak jika dari pengalaman gue. Nah pada saat pertemuan non formal itu lo bisa gali sebanyak mungkin pertanyaan yang akan jadi basis data riset untuk visual lo. Dan itu syaratnya lo harus bisa ngomong. Kebayangkan loh, kalau ketemuan sama klien tapi diem-dieman, kayak lo jaim sama cewek yang lo suka tapi lo gak berani banyak nanya. 

Dengan banyak ngobrol sama orang, maka kita akan memiliki pengetahuan yang update. Dimana gue sangat seneng banget kalau gue ngobrol sama orang-orang yang jauh dari bidang gue. Gue dapat pengetahuan baru, gue dapat ilmu baru. 

Buat lo yang mau lihat apa aja yang sudah dibuat oleh tempat usaha gue, silahkan dikunjungi di www.fabianproject.com.  

Kalau ada yang mau nanya juga boleh, silahkan isi pertanyaan lo dikolom komentar dibawah ini, gue akan menjawab, Pasti. Cuma yah gitu yah pren, mohon maaf jika terkadang gue slow respon, bukan sok sibuk, tapi kadang lupa buka blog gue, he he he .... 



Salam Kreatif, 
#ariefabian

No comments:

Post a Comment