Sebuah Perencanaan design Booth


Design perencanaan Booth memang haruslah matang. Ada beberapa hal yang memang terkadang beberapa designer ahli dalam membuat design. 

Tapi PR nya, jika kita mendapatkan seorang designer yang sangat lemah dengan produksinya, maka biasanya pada saat produksi, pada saat diproduksi akan bergeser dengan designnya. Kenapa itu bisa terjadi ?, yah, karena memang si Designer biasanya sangat minim sekali pengetahuannya pada saat produksi, Seperti halnya, pada saat kita membuat sebuah design dengan panjang 3 Meter utnuk material multiplek, nah pada saat diproduksi itu akan terdapat sambungan pastinya. Karena memang panjang triplek hanya 2.44 Meter.








Penting banget yah seorang designer booth mengerti akan produksi booth itu sendiri, kalau menurut gue sih sangat penting. Itu kenapa, setiap gue mau mendalami sebuah design, maka gue harus bertanya banyak kepada sang produsennya alias produksinya. Karena memang ada hal-hal yang baiknya kita mengerti sebelum kita membuat sebuah design.

Texture kayu itu di Internet atau pada stock gambar banyak sekali jenisnya, kalau kita tidak mengetahui proses produksinya, maka kita akan melihat mana yang bagus saja, lalu kita tempel pada booth yang kita sedang buat designnya.

Tiba saatnya pada saat itu akan diproduksi, maka situkang kayu tidak bisa mendapatkan texture yang kita tempelkan pada design booth kita. Ketika texture sudah diganti, terkadang ada mood yang berubah pada booth itu sendiri. Karena terkadang sebuah texture itu sangat membantu mood kita dalam menciptakan sebuah nuansa design.




Perihal detil ini yang jarang sekali diperhatikan oleh designer. Dalam perihal gue membangun sebuah perencanaan design, biasanya gue hadirkan orang produksi gue untuk tanya jawab. Tentang ketersediaan material yang gue pakai pada design yang gue buat. Tentang kendala apa yang ada pada gambar gue pada saat gue produksi nanti, dan hal-hal yang lainnya.

Sehingga pada saat client gue memproduksi gambar gue, maka gambar gue akan menjadi sebuah gambar kerja untuk siapapun yang mengerjakan produksinya.Untuk itu, gue memang harus konsultasi dengan pembuatnya.

Nah buat Anda yang akan mengerjakan pekerjaan pembuatan booth dengan memakai jasa designer, make sure bahwa designer Anda memang mengerti tentang produksinya. Jangan hanya melihat design yang bagus, namun perhatikan juga pada saat produksinya. Percuma kalau gambar 3Dnya bagus tapi pada saat dicetak materialnya gak ada. Akan meleset nanti hasilnya. Dan itu adalah satu pekerjaan yang akhirnya harus diulang lagi.

Sukses selalu untuk Anda, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. 



Salam Kreatif,
#ariefabian

No comments:

Post a Comment